Cara Menurunkan Nafsu Makan Anak Yang Berlebih

Cara Menurunkan Nafsu Makan Anak Yang Berlebih

Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan Sebagai Cara Menurunkan Nafsu Makan Anak Yang Berlebih Untuk Mengurangi Kelebihan Berat Badan Yang Kemungkinan Terjadi

Cara Menurunkan Nafsu Makan Anak Yang Berlebih

Cara Menurunkan Nafsu Makan Anak Yang Berlebih .- Setelah mengetahui faktor apa saja yang bisa menyebabkan nafsu makan anak menurun, pada halaman ini kita akan mengetahui bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan nafsu makan anak yang berlebihan sebagai langkah pertama dalam menghindari timbulnya dampak buruk yang akan terjadi.

Bagaimanakah Cara Yang Efektif Dalam Menurunkan Nafsu Makan Anak Yang Berlebih?

Cara Menurunkan Nafsu Makan Anak Yang Berlebih

  1. Mencari Tahu Faktor Yang Menyebabkannya

Cara Menurunkan Nafsu Makan Anak Yang Berlebih .- Banyak hal yang bisa memicu tingginya nafsu makan pada anak. Salah satunya yaitu penerapan hukuman kepada anak untuk tidak makan ketika melakukan kesalahan. Kondisi seperti ini akan membuat anak makan dengan tidak teratur atau makan kapanpun ketika ada kesempatan. Hal inilah yang harus diperhatikan dengan cukup serius. Pasalnya nafsu makan anak yang berlebih bisa saja menjadi salah satu masalah yang harus segera diatasi sebelum menimbulkan dampak buruk terhadap kondisi kesehatan anak.

  1. Memberikan anak makanan yang sehat

Makanan bisa saja menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi nafsu makan pada anak, entah itu menjadi turun atau malah berlebihan. Pemberian makanan yang sehat bisa menjadi salah satu upaya dalam mengatasi nafsu makan anak yang berlebih. Dengan memberikan anak makanan yang sehat, maka nafsu makannya akan tetap berada dalam tingkat yang normal.

  1. Hindari Pemberian Makanan Kepada Anak Yang Tengah Mengalami Stress

Stress tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi anak-anak pun bisa mengalami stress yang kemungkinan besar diakibatkan dari rasa tertekan atau rasa yang kurang nyaman untuk dirinya. Dalam kondisi seperti ini biasanya sang anak akan lebih banyak diam atau mungkin melakukan beberapa sikap yang tidak biasanya ia lakukan.

Disamping itu dalam kondisi anak yang merasakan stress biasanya anak akan mengalami peningkatan nafsu makan secara drastis. Oleh sebab itu, hindari pemberian makanan kepada anak jika anak sedang dalam kondisi stres untuk mencegah asupan nutrisi yang masuk secara berlebih dan nantinya akan berdampak buruk bagi kondisi tubuhnya.

  1. Menciptakan kepekaan yang lebih terhadap anak

Cara ini mungkin biasanya dilakukan terhadap anak perempuan yang memiliki rasa sensitivitas cukup tinggi. Kepekaan sang ibu terhadap citra tubuh anaknya bisa menjadi hal penting dalam mengatasi nafsu makan anak yang berlebih. Tidak hanya itu, usahakan untuk tidak mengeluarkan kata-kata yang membuat sang anak merasa minder dengan kondisi tubuhnya saat itu. Tapi rangkul dengan sebuah ajakan yang menyenangkan dan bisa membuatnya nyaman dengan pengertian yang diberikan ibunya kepada anak tersebut.

  1. Membiasakan anak untuk melakukan olahraga secara teratur

Langkah berikutnya yaitu memberikan pengertian dan mengajak anak untuk membiasakan berolahraga secara rutin dan teratur, terutama bagi anak yang banyak makan namun kurang aktif dalam beraktivitas. Olahraga ini bisa menjadi kunci utama dalam menurunkan nafsu makan anak yang berlebih sekaligus mengurangi berat badannya.

Buatlah aktivitas olahraga yang menyenangkan supaya anak anda tidak cepat merasa bosan. Salah satunya yaitu dengan melakukan olahraga aerobik sekitar satu jam atau 60 menit. Contoh ini diambil dari International Journal Of Obesity yang menyatakan bahwa dengan melakukan aerobik selama 60 menit bisa menekan nafsu makan pada anak dibanding melakukan olahraga anaerobik dalam waktu yang sama.

  1. Memberikan porsi makan yang cukup

Lagi-lagi berkenaan dengan makanan yang akan diberikan kepada anak. Selain memberikan makanan yang sehat, porsi makan yang diberikannya juga harus dalam kuantitas yang cukup. Jangan memberikan anak porsi makan kecil atau mungkin porsi makan yang sangat besar. Hal ini dilakukan untuk mencegah kekurangan atau kelebihan nafsu makan pada anak.

  1. Memberikan makanan yang tinggi kandungan serat

Serat adalah salah satu kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sebagai suatu kandungan yang membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh tersebut. Disamping itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat akan lebih baik jika dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan berlemak. Hal ini berdasar pada hasil survey pada tahun 2001 yang mengungkapkan bahwa penambahan serat sampai 14%  dalam sehari, dipercaya mampu menekan nafsu makan dan menurunkan berat badan secara efektif. Cara Menurunkan Nafsu Makan Anak Yang Berlebih

Itulah kiranya 7 cara yang bisa anda lakukan untuk menurunkan nafsu makan berlebih yang terjadi pada anak anda. Dengan mengatasinya sesegera mungkin, pastikan anak anda tidak akan mengalami masalah kesehatan yang akan memperburuk kondisi sebelumnya.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara menurunkan nafsu makan anak yang berlebih, semoga informasi yang telah kami sampaikan memberikan banyak manfaat untuk anda. Terima kasih untuk kunjungannya..

Baca Juga :

Posted By :

Cara Menurunkan Nafsu Makan Anak Yang Berlebih

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*